Ayam Kalkun, Pedaging Besar Bergelambir Panjang


Kenang kenangan mahasiswa IPB Bogor praktek kerja
lapangan peternakan program beasiswa ISDP LAZNAS BSM

Hewan ini termasuk dalam jenis unggas.  Salah satu dari jenis ayam. Pejantan berukuran besar. Bobotnya mencapai 10 - 12 kg usia 1 tahun. Bulunya indah dan bisa mekar seperti merak. Di kepalanya mempunyai gelambir panjang yang bisa berubah-ubah warna, kadang biru, putih dan merah. Di dadanya ada semacam janggut panjang berwarna hitam. Jika mendengar orang bersiul, kalkun jantan akan berburnyi, “klukklukkluk”.


https://youtu.be/nmg7hkYODGo

https://www.youtube.com/watch?v=iL5iUE2BxpM

https://www.youtube.com/channel/UC2quia6eNUOVZT1CS-yHV6w

https://peluangusaha.kontan.co.id/news/teliti-dan-telaten-kunci-perawatan-kalkun-2





Ayam kalkun betina berukuran lebih kecil. Bobotnya hanya berkisar 2.7-3.5 kg. Betina tugasnya bertelur. Rata-rata ayam kalkun bertelur sebanyak 15-20 butir. Ukuran telurnya sebesar telur mentok. Indukan kalkun betina mengerami telurnya selama dua puluh delapan hari. Prospek ternak kalkun skala rumah tangga sebagai penghasilan tambahan maupun skala peternakan besar sangat menjanjikan. peminat konsumen mulai bibit kalkun sampai indukan kalkun berkembang dengan pesat diseluruh indonesia  baik sebagai unggas hias (jenis royal palm, coklat\bourbon red, black spanish, blue slate dll) dan unggas konsumsi/potong (kalkun bronze) yang rendah kolesterol. 

Kunjungan Mahasiswa STTP Tegalrejo magelang



Salah Sebut
Dalam bahasa inggris, kalkun disebut turkey. Akan tetapi di Turki, kalkun disebut american bird. Sebutan turkey untuk kalkun sebenarnya merupakan kesalahan para ilmuwan saat melihat kalkun di Amerika Utarta. Mereka mengira, itu adalah ayam mutiara (guenea fowl) yang berhabitat asli di Afrika. Ayam mutiara diekspor ke Eropa melalui Turki. Di Eropa, ayam mutiara disebut sebagai turkey fowl, turkey hen, dan turkey cock (F. Rahardi).
Kalkun yang ada saat ini merupakan hasil penjinakan dari kalkun liar, kira kira 7000 SM. Jenis yangdijinakkan itu adalah Meleagris gallopavo yang berhabitat asli di negara bagian Jalisco, Guerrero, dan Veracruz di Meksiko. Di semenanjung Yukatan, masih Meksiko, diketemukan pula spesies kalkun liar ocellated turkey (melleagris ocellata).

Kalkun merupakan ejaan bahasa Indonesia untuk bahasa Belanda "kalkoen" yang diambil dari nama kota Kalikut di India. Sedangkan Ayam Belanda merupakan sebutan bahasa Melayu untuk kalkun. Dalam bahasa Denmark dan Norwegia, kalkun juga disebut sebagai kalkun, atau kalkon (bahasa Swedia), Kalkuun (bahasa Jerman hilir), kalkkuna (bahasa Finlandia), dan kalakuna dalam bahasa Papiamento (Wikipedia).


Di Indonesia, Ayam kalkun sudah mulai mendapatkan tempat dihati peternak ayam hias maupun usaha kuliner, cuma ayam kalkun satu satunya unggas yang mempunyai pangsa pasar dua sisi, baik sebagai unggas hias, maupun sebagai unggas konsumsi. jenis ayam kalkun yang masuk kategori ayam kalkun hias diantaranya ; kalkun blue slate, kalkun bourbon red/kalkun coklat, kalkun black spanish, kalkun black norfok/kalkun black norflok, kalkun royal palm, kalkun golden palm dan kalkun putih/ kalkun white holland. sedangkan yang masuk kategori konsumsi kalkun bronze, naragant dll.  Tahun 2000 kebawah ayam kalkun masih identik dengan unggas peliharaan masyarakat terpandang, belum dibudidayakan secara masal, hanya sebagai pemanis halaman rumah.  Kalau di Amerika, kalkun menjadi menu utama dalam perayaan thanksgiving. Thanksgiving adalah hari pengucapan syukur, atau kira kira berarti pesta panen.


Habitat
Kalkun liar habitat aslinya adalah Amerika utara. Mereka hidup di padang rumput dan hutan. Ayam kalkun mencari makan di siang hari. Di malam hari mereka akan istirahat sebab tidak bisa melihat. Tidurnya di pohon. Makanan ayam kalkun adalah biji bijian, dedaunan hijau, bahkan rerumputan segar.
Kalkun merupakan penerbang jarak pendek. Kalkun betina mampu terbang sejauh 400 M dengan kecepatan 60 km/jam. Sedangkan kalkun jantan sangat galak meskipun kurang pandai terbang.
Unggas ini suka bekerjasama. Apalagi jika menemui musuh  yang membahayakan. Mereka akan segera bergerombol dan mengeroyok unggas lainnya yang dianggap musuh.

Budidaya Ayam kalkun dipedesaan


Selain ayam kampung dan itik, masyarkat pedesaan dikabupaten Magelang sudah mulai membudidyakan kalkun secara tradisional semenjak tahun 1980. Sebagaian masyarakat masih memandang kalkun hanya sebagai pemanis pekarangan, dengan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki, hasil budidaya kalkun tidak seperti yg diharapkan. kalkun dianggap sangat boros pakan dan pembesaran tetasan kalkun sangat sulit, tetasan kalkun setelah menetas dirawat induknya seperti ayam kampung pada umumnya, sebelum usia 1 bulan tetasan yg dirawat induknya banyak yang mati karena faktor alam (kedinginan, virus dll). Memasuki tahun 2000 perkembangan budidaya kalkun dipedesaan mulai menggeliat, masyarakat sudah beralih ke kandang lampu untuk perawatan tetasan, tidak dipelihara oleh indukannya lagi.
Dengan bermodalkan indukan kalkun 1 jantan 3-5 betina dalam tiap bulan ada penghasilan tambahan yang lumayan hasilnya daripada budidaya ayam kampung, karena harga jual anakan kalkun yan relatif stabil.


Tradisi
 Kebanyakan orang Indonesia masih mengira bahwa ayam kalkun termasuk kategori ayam hias. Padahal, menjadi kebutuhan konsumsi di Amerika Utara, Australia, dan Eropa. Bahkan, saat Thanksgiving di Amerika Serikat dan Kanada.
Bayangkan, konsumsi ayam kalkun di Amerika Serikat setiap tahunnya mencapai lebih dari 250 juta ekor, dan seperenam dari jumlah itu disembelih pada saat Thanskgiving. Sebaliknya, di Indonesia orang lebih akrab dengan ayam potong untuk konsumsi sehari-hari.

Usaha kuliner kalkun ditempat kami


Kapan orang Indonesia akan makan unggas yang rendah kolesterol dengan biaya pembesaran yang relatif murah ini?

Komentar

ihsan muhyidin mengatakan…
Kami juga menyediakan beberapa jenis unggas hias lainnya seperti ayam mutiara, ayam itali, polland, pelung, ketawa dan lainnya. Biasa mengirimkan melalui jasa kereta api, bus, truk exspedisi dan pesawat. Truk exspedisi khusus untuk pengiriman ke pulau sumatera, dengan ongkos kirim yang lebih ringan dan kiriman sehat selamat sampai tujuan
Unknown mengatakan…
ada dere kalkun hitam/black spanis ga? klo ada brapa harganya? trus klo krim ke Metro-Lampung brapa OK nya
ihsan muhyidin mengatakan…
dere black spanish tinggal indukan, kirim ke metro lampung 150 ribu
Unknown mengatakan…
ada kalkun BOURBON RED betina umur 7blanan gak ? hrga brapa
ihsan muhyidin mengatakan…
bourbound red sekarang ada
Unknown mengatakan…
Saya bisa pesan gx???
ihsan muhyidin mengatakan…
bisa.......085643033428
tutdekuwir mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan…
Bisa kah beli telur tetasnya? Berapa harganya dan ongkos kirimnya ke Kotabaru Kalsel?
Unknown mengatakan…
Berapa harga perekor umur 2 bln?
Unknown mengatakan…
Berapa harga perekor umur 2 bln?
Unknown mengatakan…
Saya ada di bekasi
robinshoot mengatakan…
kirim2 ke cirebon bisa gan?
Unknown mengatakan…
Bisa kirim ke Pangkalpinang gan... Bangka Belitung
Unknown mengatakan…
kalau untuk pedaging bagusnya lalkun jenis apa mas?
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan populer dari blog ini

perbedaan kalkun black spanish dan black norfok

kalkun Bourbon red